Monday 15 August 2016

PENGERTIAN TENTANG CHECK IN COUNTER

Anda tidak akan bisa masuk ke pesawat tanpa melakukan check in. Ini adalah prosedur resmi dimana pihak penerbangan / airlines mendata setiap penumpang yang datang ke check in counter untuk melaporkan tiketnya..Pada jam tertentu, apabila system check in sudah dinyatakan closed , maka semua data jumlah penumpang dan bagasi serta data lainnya untuk penerbangan tersebut dapat dilihat secara lengkap pada manifest penumpang.

Data penumpang, bagasi dan kargo yang ada pada system tersebut selanjutnya akan digunakan untuk penghitungan pembuatan loadsheet ( laporan lembaran load ) .,agar pesawat pada saat take off dan landing dengan kondisi normal dan sesuai.. Dokumen berupa load sheet tersebut akan dibaca dan di tanda tangani oleh pilot sebelum terbang.

Sebaiknya sebelum kita memasuki area check in counter, kita harus sudah mengetahui di area mana check in counter penerbangan kita. Gunanya adalah untuk memudahkan agar tidak terjebak pada antrian di check in counter . Umumnya di bandara yang sudah maju dan besar jarak pintu masuk ke area check in counter cukup jauh dan memerlukan waku untuk mencapainya Carilah check in counter sesuai yang ada pada tiket kita.Lantas antrilah dengan tertib sampai tiba giliran . Ketika pertama kali mencapai meja check in, anda akan diminta untuk menunjukkan tiket dan paspor atau identitas diri.

Beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum melakukan check in di Bandara diantaranya sbb:

1. Memastikan anda mengetahui di terminal mana, anda akan check in untuk penerbangan tersebut.
2. Check in counter akan “ closed “ 2 jam sebelum jam keberangkatan.
3. Menyiapkan tiket paspor dan dokumen lainnya yang diperlukan.
4. Memastikan bahwa anda sudah mempunyai tiket dengan reservasi sudah “OK” atau conform pada penerbangan tersebut.
5. Lampirkan bukti lembar reservasi yang ada / rute perjalanan anda, gunanya untuk memudahkan petugas check in , jika bertanya soal reseetvasi tiket anda.
6. Jika anda belum mempunyai tiket,sebaiknya anda melapor ke penjualan tiket / ticket sales di bandara untuk di booking kan , atau anda minta di cadangkan jika memang kondisi penerbangan sedang penuh untuk pembukuannya.
7. Memastikan bahwa masa berlaku paspor anda masih berlaku, dengan minimal masa berlaku waktunya 6 bulan.
8. Memastikan anda mempunyai Visa atau ijin memasuki dari negara yang akan anda kunjungi.
9. Menyiapkan bagasi dengan memperhatikan batas maksimum jumlah berat bagasi yang boleh dimasukkan untuk di check in.
10. Setiap maskapai akan memberikan bagasi cuma cuma untuk penumpang kelas ekonomi seberat 20 kgs,kelas bisnis seberat 30 kgs, dan penumpang kelas utama atau first kelas seberat 40 kgs.
11. Atas kelebihan bagasi tersebut, maka akan dikenakan tambahan biaya yang harus anda bayar.
12. Pastikan anda tidak memasukkan barang barang berharga seperti uang, perhiasan, elektronik dan barang pecah belah serta benda cair kedalam bagasi yang anda check in.
13. Berikan label nama dan alamat pada bagasi anda, dengan yang sudah tersedia di meja check in.
14. Perhatikan waktu boarding masuk ke pesawat dan nomer ruang tunggu pada boarding pass anda.
15. Sebelum anda menuju ke konter imigrasi, pastikan bahwa anda sudah mengisi formulir imigrasi yang harus anda serahkan pada saat pemeriksaan paspor di konter imigrasi.
Share:

Popular Posts

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Total Pageviews